Posted by : Unknown Selasa, 22 September 2015

Apa Itu Bahasa?

Menurut Gorys Keraf (1997 : 1), bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Ada yang keberatan dengan mengatakan bahwa bahasa bukan satu-satunya alat untuk berkomunikasi. Mereka menunjukan bahwa ada cara-cara tertentu untuk berkomunikasi yang telah disepakati bersama, seperti lukisan, asap api, bunyi gendang dan sebagainya. Tetapi mereka juga harus mengakui alat-alat tersebut mengandung banyak kelemahan. Sedangkan Bahasa menurut beberapa ahli :

  1. Pengertian Bahasa menurut (Depdiknas, 2005 : 3), Bahasa pada hakikatnya adalah ucapan pikiran dan perasaan manusia secara teratur, yang mempergunakan bunyi sebagai alatnya.
  2. Pengertian Bahasa menurut Harun Rasyid, Mansyur dan Suratno (2009 : 126), Bahasa merupakan struktur dan makna yang bebas dari penggunanya, sebagai tanda menyimpulkan suatu tujuan.
  3. Bahasa menurut kamus besar Bahasa Indonesia (Hasan Alwi, 2002: 88) bahasa berarti sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik.
Bahasa Indonesia adalah bahasa yang digunakan oleh bangsa kita sebagai alat komunikasi dan juga bahasa resmi Negara Republik Indonesia yang sudah diresmikan pada kongres pemuda I 27-28 Oktober 1928 di Jakarta, dengan bunyi sebagai berikut :
  1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia.
  2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Fungsi Bahasa

Sebagai Ekspresi Diri

Fungsi Bahasa sebagai ekspresi diri maksudnya adalah sebagai cara untuk mengungkapkan perasaan melalui bahasa yang diucapkan maupun berkomunikasi. Unsur-unsur yang mendorong adanya Ekspresi Diri antara lain :
  1. Untuk menarik perhatian orang lain terhadap kita
  2. Keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan emosi

Sebagai Alat Komunikasi

Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yaitu sarana penyampaian informasi kepada orang lain secara lisan maupun tulisan mengenai apapun yang ingin kita sampaikan agar orang dapat mengerti maksud dan tujuan yang kita inginkan tampa menghindari tata bahasa yang sudah ada.

Integrasi dan Adaptasi Sosial

Bahasa sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial adalah Ppada saat kita beradaptasi kepada lingkungan sosial tertentu, kita akan memilih bahasa yang akan kita gunakan bergantung pada situasi dan kondisi yang kita hadapi.

Alat Kontrol Sosial

Bahasa sebagai alat Kontrol Sosial adalah bahasa dapat mempengaruhi seseorang dari sikap, tingkah laku, serta tutur kata. Kontrol sosial dapat diterapkan pada diri kita sendiri begitu juga pada masyarakat.

KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA

Sebagai Bahasa Nasional

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional mulai dikenal sejak 17 Agustus 1945 ketika bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Dalam kedudukan sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang kebanggaan nasional atau lambang kebangsaan. Bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai sosial budaya yang mendasari rasa kebangsaan. Melalui bahasa nasional, bangsa Indonesia menyatakan harga diri dan nilai-nilai budaya yang dapat dijadikan pegangan hidup. Atas dasar kebanggaan ini, bahasa Indonesia dipelihara dan dikembangkan oleh bangsa Indonesia.

Sebagai Bahasa Negara

Dengan berlakunya Undang-undang Dasar 1945, bertambah pula kedudukan bahasa Indonesia, yaitu sebagai bahasa negara. Dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia dipakai dalam segala upacara, peristiwa, dan kegiatan kenegaraan, baik secara lisan maupun tulis. Dokumen-dokumen, undang-undang, peraturan-peraturan, dan surat-menyurat yang dikeluarkan oleh pemerintah dan instansi kenegaraan lainnya ditulis dalam bahasa Indonesia. Pidato-pidato kenegaraan ditulis dan diucapkan dengan bahasa Indonesia.

Sumber :
http://adhika-rmd.blogspot.co.id/2011/10/bahasa-indonesia-sebagai-bahasa.html
http://ranesda.blogspot.co.id/2013/11/fungsi-bahasa-sebagai-alat-komunikasi.html
http://www.kajianteori.com/2013/03/pengertian-bahasa-menurut-ahli.html
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Buku Bahasa Indonesia, penulis Tri Wahyu R.N.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Reza Eko Oktaviano - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -