Posted by : Unknown Rabu, 16 Maret 2016


Kelompok 6 (1DC01)
Negara

Negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent. Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat, memiliki wilayah, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapat pengakuan dari negara lain.

Beberapa pengertian negara menurut para ahli :

1.      Menurut Logemann, negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang menyatukan kelompok manusia yg kemudian disebut bangsa.

2.      Menurut Max Weber, negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.

3.      Menurut Hegel, negara merupakan organisasi kesusilaan yang timbul sebagai sintesis antara kemerdekaan individu dengan kemerdekaan universal.

Bela Negara

Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Secara fisik, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut, sedangkan secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa tersebut.

Kasus Penyimpangan Terhadap Bela Negara

“Sebut Sila Ke-5 Bebek Nungging, Zaskia Gotik Dikecam”

Protes keras para peselancar dunia maya membanjiri akun instagram penyanyi dangdut, Zaskia Gotik. Lantaran di salah satu program stasiun televisi, Zaskia dinilai menghina pancasila dan tidak menghargai Hari Proklamasi.

Pemilik nama Zaskia Shinta itu menyebut sila kelima Pancasila dengan kata 'bebek nungging'.

"Apa lambang sila kelima pancasila," tutur Denny `Cagur` di acara itu. "Bebek Nungging," jawab Zaskia di sebuah kertas.

"Hati-hati kalau bicara, menghina pancasila sama dengan tidak menghargai negara. Bukan alasan enggak tahu walaupun Zaskia cuma sekolah tamatan SD," kata akun Adya. Rabu 16 Maret 2016.

"Bercanda boleh saja tetapi harus ada aturannya juga. Kalau ngomong jangan asal, negara tempat Zaskia lahir mudah saja diejek begitu," kata akun Ara.

"Sangat tidak mendidik apalagi tampil di televisi. Walaupun hanya lulusan SD tapi Pancasila juga sudah diajarkan. Jangan asal ceplos," tutur akun Ina.

Salah satu akun netizen pun mengingatkan Zaskia agar lebih berhati-hati dan meminta maaf. "Buru-buru minta maaf deh. Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta," tulis akun Ntan.

Banyaknya hujatan yang diterimanya, rupanya membuat Zaskia gelisah bahkan sampai menangis. Ia tak menyangka kejadian itu mengundang kecaman netizen.

"Nangis karena banyaknya hujatan. Ini risiko, apa yang diperbuat harus tanggung jawab. Ya mungkin ini cambukan, cubitan buat Neng. Neng enggak tahu kalau itu nggak boleh," kata Zaskia kepada wartawan.

Kesimpulan:
Bila kita lihat berdasarkan kasus diatas, perbuatan yang dilakukan Zaskia Gotik mencerminkan perilaku penyimpangan terhadap bela negara karena dinilai kurang berpendidikan dan tidak bermoral. Pancasila merupakan ideologi dasar bagi negara Indonesia yang sudah dirumuskan dan dipikirkan dengan matang oleh tokoh-tokoh penting di Indonesia. Apa yang seharusnya kita lakukan adalah memelihara nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila, bukan untuk mengejeknya dan dibuat untuk bahan candaan. Semoga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi dan bisa dijadikan pelajaran agar kita bisa lebih menghormati apa yang sudah dibuat oleh pendahulu-pendahulu kita sebagai bentuk bela negara secara Non-fisik.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. websitenya bagus! dan informasi yg didapat sangat berguna terima kasih ya!

    BalasHapus

- Copyright © Reza Eko Oktaviano - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -