Posted by : Unknown Rabu, 20 Januari 2016

Pernahkah anda merasa seperti jijik atau geli dalam melihat sebuah benda atau hal-hal yang memiliki banyak lubang baik lubang itu tersusun secara simetris ataupun secara non-simetris? Bila jawabannya adalah "Ya" berarti anda kemungkinan mengidap salah satu Phobia ini. Sebenarnya saya baru tau nama Phobia ini setelah sekian lama saya mengidapnya sejak kecil. Sejak kecil saya memiliki rasa geli dan jijik apabila melihat suatu lubang disebuah benda, contohnya lubang pada lantai, kursi kayu, meja kayu, tembok, dan sebagainya yang memiliki pola lubang yang dapat membuat saya merasa geli.



Lalu apakah sebenarnya Trypophobia ini? Ada sebuah tim ilmuan bidang psikologi dari University of Essex yang dikepalai oleh Geoff Cole menyatakan hasil penelitiannya terhadap Trypophobia. Dalam penelitiannya dikatakan "Fobia terhadap lubang bagi penderita Trypophobia tidak mampu melihat benda yang memiliki banyak lubang dengan pola lubang yang berulang seperti sarang lebah, sarang semut, terumbu karang, kumpulan gelembung, dan penampakan lainnya yang memiliki pola lubang yang serupa."

Para penderita akan cenderung merasa jijik dalam melihat benda yang memiliki banyak lubang. Lalu bagaimanakah cara mengatasi ketakutan tersebut?

Seperti halnya dalam Fobia lain, cara menghilangkan ketakutan ini adalah dengan melakukan terapi kecil secara rutin yang dapat kita lakukan sendiri. Mungkin terapi yang saya lakukan sendiri ini akan berguna bagi anda juga. Caranya adalah anda harus sering-sering melihat gambar-gambar yang berhubungan dengan Trypophobia, lalu anda latih emosi dan pikiran anda kedalam posisi tenang dan nyaman pada saat melihat gambar tersebut sampai senyaman mungkin, bayangkan saja itu hanyalah lubang biasa bukan hal yang harus kita takuti. Lakukanlah hal ini setidaknya setiap hari sampai anda merasa lebih baik dalam melihat benda-benda yang berhubungan dengan fobia ini. 

Berikut saya berikan contoh gambar Trypophobia. Saya mohon maaf apabila ada yang tidak kuat dalam melihat gambar yang saya tampilkan...







Semoga bermanfaat ^.^


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Reza Eko Oktaviano - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -